image by pautan.org
Seperti yang disampaikan oleh Shinji Aoyama selaku Chief Operating Officer of Motorcycle Operations Honda Motor CO. Ltd Memang seklias bentuk menyerupai Honda C70 namun dengan style yang sangat modern tanpa menghilangkan ciri khas klasiknya, namun motor ini menggunakan hara baterai yang sangat berpengaruh sekali terhadap penetapan harga jual motor. Jika benar-benar masuk ke Indonesia pada 2018 mendatang bakal menjadi sejarah bagi Honda karena baru kali ini memiliki motor listrik untuk pasar tanah air.
image by google
Dirinya memberikan contoh bahwa biaya baterai untuk penggunaan motor listrik bertenaga 1.000 kWH diperkirakan banderolnya bisa mencapai USD 700 sampai USD 800 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 9,1 jutaan. Angka tersebut baru hanya sebatas harga baterai saja dan belum komponen-komponen lainnya. Inilah yang membuat harga motor listrik terbilang cukup mahal.
Untuk menekan biaya dari baterai tersebut Shinji saat ini tengah melakukan kerjasama dengan pabrikan baterai lain. Hal tersebut dikarenakan baterai Lithium tidak diproduksi oleh banyak negara dan hanya negara-negara besar saja seperti Jepang, China dan Korea.
google image
Sementara itu Fumihiko Ike selaku chairman Honda Motor mengungkapkan pihaknya akan selalu mengupayakan sepeda motor yang memiliki konsep lebih nyaman digunakan untuk semua kalangan dan ekonomis. Dirinya menambahkan sebagai produk baru Honda EV-Cub sudah dilakukan berbagai penelitian untuk melihat peluang kehadirannya secara global.
Selain itu menurut Ike perhatian dari motor listrik ini tertuju dari pengisian baterai dimana untuk kedepannya bisa langsung dilakukan pengecesan pada stop kontak rumah atau alat listrik rumah tangga lainnya sehingga tidak perlu membutuhkan stasiun pengisian khusus yang pastinya harus membutuhkan biaya lebih besar untuk membuat infrastruktur tersebut.
Yang menarik jika sudah resmi meluncur di Indonesia Honda EV-Cub akan bersaing dengan beberapa motor listrik lain seperti zero motor cycle yang sudah lebih dulu mengaspal, kemudian ada juga skuter listrik buatan Garansindo dan ITS serta yang terakhir ada merek lokal bernama Selis Merak yang terkenal memiliki harga cukup murah yaitu cuma Rp 20 jutaan.
Sayangnya sampai saat ini belum ada upaya positif dari pemerintah untuk mendukung perkembangan kendaraan berteknologi listrik di Indonesia. Padahal dengan semakin berkembangnya motor dan mobil listrik maka ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar bisa semakin berkurang.
No comments:
Post a Comment